Rabu, 05 Februari 2014

Mana yang Benar? Man U, ManUnited, atau ManUtd ???

Posted at 08.16 - by bogorreds 0




   Memang ini pembahasan usang, tapi kami rasa banyak yang belum tahu jika beberapa tahun lalu, sekitar 2008-2010, sempat muncul isu di kalangan fans United bahwa penggunaan istilah "Man U" untuk menyebut Manchester United adalah penghinaan untuk Tragedi Munich.

  Hal ini kemudian menjadi polemik di kalangan fans, terutama di Asia. Perdebatan via internet pun tak terhindarkan untuk mencari sebuah kebenaran.

  Lalu apakah benar menyebut "Man U" adalah kesalahan besar? Jadi mana yang tepat: MU, Man U, ManUtd, MUFC, atau United? Mari kita bahas secara mendetail.

***

  Persolan penyebutan istilah ini diduga bermula ketika Goal.com India menulis artikel berjudul "Not Man U, Only ManUtd" pada Januari 2008. Artikel tersebut juga dimuat ulang oleh MUST (Manchester United Supporter Trust) dalam forum mereka untuk dijadikan bahan pembahasan dan pembelajaran. Berikut kutipan terjemahan artikelnya:

" Di India, ada sejumlah penggemar klub Manchester United yang menyebut klub kesayangannya dengan istilah yang sangat menghina.

Seorang fan Manchester United sekaligus juru bicara kelompok Manchester United Fans di Mumbai, Dhruv Tikka, menyuarakan keprihatinannya mengapa The Red Devils tidak harus dirujuk sebagai "Man U". Setidaknya oleh fans mereka sendiri.

Istilah "Man U" hanya digunakan oleh fans rival Manchester United. Banyak rival United yang menyanyikan lagu mengenai kecelakaan pesawat di Munich yang merenggut nyawa 8 orang pemain tersebut.

"Man U...Man U went on the plane. Man U...Man U never came back again"

Darah United fans akan mendidih jika mendengar orang menyanyikan lagu tersebut. Sebutan lain Manchester United hanyalah: UNITED, MAN UNITED, MANUTD, RED DEVILS.

Tidak ada lagu resmi klub yang menggunakan "Man U". Atau tidak ada satupun merchandise yang bertuliskan "Man U". Bahkan Manchester City pun tidak disebut Man C. Aston Villa pun tidak disingkat Aston V.

Istilah "Utd" adalah singkatan yang tepat untuk Manchester United. Tidak ada yang lebih baik dari itu.

The Scouser (fans Liverpool) sering mengejek United dengan menyanyikan "Man U Never Intended Coming Home". Jika huruf pertama dari setiap kata di lirik tersebut disatukan, maka akan membentuk M-U-N-I-C-H.

Awalnya, lagu itu dibuat oleh fans West Brom untuk mengejek kematian Duncan Edwards. Fans Leeds dan Liverpool kemudian turut serta dalam mempopulerkan lagu tersebut. Edwards menjadi rebutan United West Brom, dan Liverpool saat masih di akademi. Namun akhirnya dia lebih memilih United dan dianggap pengkhianat oleh fans West Brom karena tidak mau bergabung dengan klub asal kampung halamannya di Dudley "

Artikel selengkapnya ada disini: http://joinmust.org/forum/showthread.php?t=43305. Sedangkan artikel aslinya yang terdapat di website Goal.com India sudah dihapus: http://www.goal.com/en-india/Articolo.aspx?ContenutoId=542946

  Pada September 2008, Gary Lim, wartawan Electric New Paper (Singapura), merespon polemik ini dengan menulis sebuah artikel berjudul "What's Wrong With Saying Man U?". Artikel tersebut juga kembali dimuat ulang dalam forum MUST. Berikut link-nya: http://joinmust.org/forum/showthread.php?t=51463.

  Gary Lim bahkan bertanya kepada Steve Bates, jurnalis asal Inggris yang bekerja untuk The New Paper. Bates yang sudah 30 tahun lebih meliput Manchester United menyangkal jika penyebutan "Man U" adalah kesalahan.

"Tidak ada yang salah dengan istilah Man U. Aku bahkan sudah mengecek kepada pejabat klub. Mereka pun berpendapat sama denganku" - Steve Bates

    Sampai sejauh ini, belum ada yang bisa membutikan kebenaran artikel Goal.com India tersebut.

***

  Sekarang, mari perhatikan foto berikut:

 
 Pin bertuliskan "Man U" dengan foto Geoff Bent, salah satu korban kecelakaan


  Itu adalah sebuah pin yang dijual oleh kios merchandise kecil di Old Trafford. Jika sekarang masih ada, letaknya persis berada dibawah jam peringatan Tragedi Munich, dekat pintu masuk East Stand. Tahukah Anda siapa pemilik kios tersebut? SIR MATT BUSBY.

  Bayangkan jika istilah "Man U" digunakan untuk mengejek Tragedi Munich, apa pantas seorang Sir Matt menjual merchandise dengan foto anak didiknya yang meninggal di Munich? Sedangkan beliau sendiri juga adalah salah satu korban selamat dari kecelakaan tersebut? Gunakan logika Anda!

  Lalu darimana asal muasal istilah "Man U"? Berikut penjelasannya:

  Istilah "Man U"  muncul sekitar tahun 50-an oleh media Inggris. Tidak ada maksud apa-apa selain untuk menyingkat nama klub yang terlalu panjang untuk dimuat dalam koran. Kolom dalam surat kabar memaksa para jurnalis untuk menyingkat beberapa kata asal tidak mengubah arti dari kata tersebut.

  Para jurnalis menyingkat nama-nama klub agar sesuai dengan ukuran kolom yang memuat hasil pertandingan. Ambil contoh Birmingham City akan disingkat menjadi B'ham City, Sunderland menjadi S'land, Sheffield Wed menjadi Sheff W dan seterusnya. Dalam kasus Manchester United, singkatan yang digunakan adalah Man Utd atau Man U, tergantung surat kabar mana yang memuatnya.
 
    Pada 1950-an, hanya ada satu stasiun televisi, yaitu BBC. Mereka tidak pernah menyingkat kata. Lalu muncul ITV pada awal 1960. Mereka yang kemudian mulai mempopulerkan penggunaan istilah "Man U" di media elektronik. Ini hanyalah persoalan lazy journalism. Tidak lebih!

   Jadi jelas bahwa "Man U" tidak ada kaitan sama sekali dengan Tragedi Munich. Itu hanyalah sebuah cerita bohong yang tidak memiliki fakta sejarah. Ini kemudian menjadi seperti bola salju, sebuah hal kecil yang akhirnya menjadi besar karena terus berputar-putar.

  Saat ini lebih banyak yang menyebut Manchester United dengan "United" atau "Man United" ketimbang "Man U". Ini pun tidak berarti merujuk ke Tragedi Munich. Ada sebutan yang lebih enak didengar dan diucapkan daripada harus menyebut "Man U".

  Jika ada kelompok orang yang mengonfrontasi orang lain karena menyebut "Man U" dianggap sebagai penghinaan, itu hanya omong kosong. Seolah-olah mereka sangat mengerti sejarah klub. Bahkan Ron Atkinson masih sering menggunakan "Man U". 

  Sekali lagi, tidak ada yang salah dengan itu penggunaan istilah "Man U". Goal.com India telah membuat kesalahan besar dengan memuat artikel omong kosong tersebut.

  Sebagai supporter, harus bisa memilah mana yang benar dan salah. Manchester United memiliki sejarah panjang. Banyak orang yang ingin berusaha membelokkan fakta sejarah klub ini. Jangan terlalu memercayai internet (kecuali untuk yang satu ini tentunya) jika ingin mempelajari lebih dalam mengenai United. Banyak sumber yang lebih kredibel ketimbang Anda harus membaca media yang hanya membahas sepakbola secara keseluruhan.


PS: I never read Goal.com.






About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

© 2013 BOGOR REDS. WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9