Minggu, 06 Oktober 2013

Wayne Rooney, The Dramatic Change of Heart

Posted at 01.21 - by bogorreds 0

"Its always nice to win any award and for this one to be voted for by the fans is special and something I’m very pleased about" - Wayne Rooney

  Memulai musim dengan menjadi "musuh fans nomor 1", Rooney akhirnya terpilih jadi Player of The Month edisi September 2013. Ini spesial karena award tersebut diberikan atas hasil polling fans di website dan Twitter.

  Seperti yg kita tahu, Rooney pernah meminta pergi dari United sejak Sir Alex Ferguson pensiun. Itu adalah permintaan pindah kedua Rooney dalam 3 tahun terakhir. Sebelumnya pada 2010 dia sempat dikabarkan akan bergabung dengan Manchester City karena enggan memperpanjang kontrak yg akan habis.

  Sikap Rooney saat itu jelas saja membuat  The Men In Black marah dan mengancam akan membunuhnya jika berani pindah ke City. Saat itu MIB mendatangi rumah Rooney di Cheshire  sambil membawa banner bertuliskan "Join City and Die". Ancaman lainnya juga muncul berupa tulisan diatas banner Nike store di pusat kota Manchester.

  Hal tersebut dilakukan tentu saja bukan karena mereka membenci Rooney. Justru sebaliknya, mereka orang-orang yg mencintai segala hal yg berkaitan dengan Manchester United. Rooney pemain bagus dan dibutukan klub. United ingin Rooney tetap berada di Old Trafford dan inilah cara yg suppporter lakukan untuk mewujudkan itu. Jangan pernah berdebat tentang militansi mereka. Semua orang punya cara tersendiri untuk mendukung klub kesayangannya.


Rooney memanggil polisi untuk membubarkan MIB di gerbang depan rumahnya




Teror lainnya untuk Rooney: banner di Nike store Manchester

  Satu bulan kemudian Rooney akhirnya menjawab keraguan publik dengan menandatangani kontrak baru berdurasi 5 tahun (sampai Juni 2015)  dan meminta maaf kepada fans karena telah berencana untuk pindah klub. Berikut pernyataan resmi Rooney saat mnandatangani kontrak baru pada 2010:

"I have made my point clear since I signed my contract that I am committed to this club for the long term and I want to be successful with this club. I spoke with the manager and the chief executive and they reassured me the club was moving forward and, from that point, it took only two or three hours to negotiate my contract and sign it"

"For the fans, apologise for my side of things. Everyone is saying that I was definitely going to Man City".

 "I am just happy it is all over now and I want to put it behind me and look forward. Mentally I have been OK. I'm mentally strong but because the football has not been going well, and the other things that have happened in my personal life, everyone has put it down to me not being mentally strong. I am, but the most important thing for me is to get back playing and score goals. I want to get back to the standard of last season".

 
Rooney on Sir Alex: "I wasn't going to argue with him"


Rooney: "Believe me, if I had gone it wouldn't have been in England"

  Dua musim berlalu, fans kembali dikejutkan dengan permintaan terang-terangan Rooney untuk pindah klub. Entah ada kaitannya atau tidak, Rooney meminta pindah disaat Sir Alex pensiun dan David Moyes masuk menggantikan. Disaat bersamaan, Chelsea yg baru saja mendatangkan (kembali) Mourinho pun langsung mengajukan tawaran resmi kepada United untuk Rooney yg jelas-jelas ditolak.

  Fans kembali murka. Rooney yg terlihat murung saat trophy parade mendapat cemoohan sepanjang jalan dari Old Trafford sampai ke pusat kota, tempat perayaan berlangsung.

 Kali ini tidak berbentuk ancaman pembunuhan melainkan dalam poster provokatif


  Semua orang dibuat panik dan kesal dengan pernyataan Rooney tersebut. Spekulasi pun muncul saat Rooney absen mengikuti tur Asia 2013 dan tidak dimainkan saat match Community Shield melawan Wigan.

  Saat match pertama Premier League (v Swansea) Rooney dicadangkan dan baru masuk di babak II. Meski bermain bagus Rooney memperlihatkan gesture tidak nyaman saat memutuskan untuk tidak melakukan selebrasi ketika Welbeck dan van Persie mencetak gol

Swansea v United, EPL Matchweek 1


  Seminggu kemudian Rooney membuat pernyataan yg sedikit mengancam jika masa depannya di United tergantung penerimaan fans terhadapnya. Apabila fans tidak menginginkan, maka dia akan pergi. Reaksi kembalii muncul. Rooney dianggap anak manja yg tidak mencintai klub dan ingin diperlakukan spesial.

  Match pertama di Old Trafford (v Chelsea) Rooney bermain bagus dan terpilih menjadi Man of The Match. Seisi stadion masih menyanyikan namanya. Rooney membalasnya dengan memberi applaus di akhir pertandingan. Pertanda baik?


  Pekan berikutnya Rooney absen di North-West derby karena mendapat luka serius di dahi setelah berbenturan dengan Jones saat latihan. Spekulasi tidak muncul kali ini karena Rooney mengupload foto di akun Facebook miliknya. Ok, semua orang percaya dia memang benar cedera.


  Rooney kembali pekan berikutnya saat United menjamu Crystal Palace. Pelindung kepala yg dikenakannya lagi-lagi menjadi bukti bahwa dia benar-benar cedera. United menang 2-0 dan Rooney mencetak gol melalui tendangan bebas. Seisi stadion riuh. Rooney kembali terpilih menjadi Man of The Match.

  Tiga hari kemudian, United kedatangan Leverkusen untuk melakoni match pertama UCL 2013/14. Rooney bermain sejak menit awal bermodalkan 198 gol. Hanya butuh 2 gol lagi untuk menjadi orang ke-4 yg bisa mencetak 200 gol untuk United setelah Jack Rowley (211), Denis Law (237), dan Sir Bobby Charlton (249). Rooney memenuhi target tersebut dengan mencetak 2 dari 4 gol kemenangan United atas Leverkusen. Well done!

 

  Dua gol tendangan bebas saat melawan City dan West Brom kembali melambungkan nama Rooney dan menghapus citra buruk dirinya dihadapan fans. Jika digabungkan, Rooney dan van Persie telah mencetak 9 gol dari total 18 gol yg dihasilkan United musim ini.

Dynamic Duo

  Now what? Apa yg dijabarkan diatas sudah cukup untuk "menghapus dosa" Rooney kepada klub dan fans selama ini? Kami rasa belum. Dua kali permintaan hengkang dalam tiga tahun terakhir tentu bukan hal yg baik bagi seorang pemain. Mencetak banyak gol adalah kewajiban seorang striker. Award adalah bonus. Kedua hal tersebut tidak bisa dijadikan acuan tentang loyalitas seorang pemain.

  Sebagian fans masih ragu dengan kesetiaan Rooney kepada United. Sebagian lainnya merasa cukup dengan banyak gol yg dicetak. Tetapi Manchester United bukan hanya tentang banyak mencetak gol dan meraih segudang gelar. Pun bukan melulu tentang meracik strategi yg baik. Ada chemistry yg perlahan dibangun selama satu abad lebih, dan itu tidak akan rusak hanya karena ulah beberapa pemain.

  Sir Alex Ferguson pernah berkata: "Manchester United is the most romantic club in the history of world football and that will never change". So...leave or stay, Roo?





About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

© 2013 BOGOR REDS. WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9