Senin, 30 September 2013

Behind The Chant: Stretford Enders

Posted at 01.33 - by bogorreds 0


Bertie Mee said to Matt Busby "have you heard The North Bank of Highbury?"
"No!" said Matt "you Cockney twat!"
"But I've heard the Stretford Enders!"






  Salah satu classic chant terkenal United. Biasanya dinyanyikan saat bertemu Arsenal. Namun kadang juga dinyanyikan saat bertemu tim lain. Saya akan membahas satu persatu makna dan cerita dibalik chant ini. Semoga bermanfaat.

  "Bertie Mee said to Matt Busby....". Siapa itu Bertie Mee? Dia adalah salah satu manager tersukses dalam sejarah Arsenal di periode 1966-1976. Mee mengantar The Gunners menjuarai trofi Eropa pertama mereka, Inter-Cities Fairs Cup (sekarang Europa League) pada 1970 dan meraih double-winners setahun kemudian sekaligus mengakhiri 17 tahun puasa gelar liga Arsenal.

  

 Bertie Mee saat menjuarai Inter-Cities Fairs Cup. 1970


Mee dengan trofi Liga Inggris & FA Cup. 1971.


  Penunjukkan Mee sebagai arsitek Arsenal menggantikan Billy Wright sangat mengejutkan karena sebelumnya dia hanya menjabat sebagai fisioterapis klub asal London Utara itu. Mee pun menyadari dirinya tidak mempunyai kemampuan untuk memanajeri sebuah klub.

Mee saat bertugas sebagai fisioterapis mendampingi Terry Howard. 1960.


  Untuk menunjang tugas beratnya tersebut, Mee menunjuk Don Howe & Dave Sexton sebagai asisten. Nama terakhir, kita tahu nantinya akan menjadi manager United pada 1977-1981.

Don Howe dan Dave Sexton

  Demikian sekilas tentang Bertie Mee. Kita lanjut ke bagian lirik berikutnya: "have you heard The North Bank of Highbury?". North Bank adalah nama terrace stand di stadion lama milik Arsenal, Highbury. Jika Old Trafford punya Stretford End, Highbury punya North Bank. Tribun tempat berkumpulnya proper fans Arsenal.



The North Bank of Highbury

  Pada 2006, Highbury dipugar dan Arsenal pindah ke Emirates Stadium. Meskipun demikian, North Bank tetap digunakan sebagai nama tribun. Mungkin dengan tujuan untuk menjaga sejarah klub. Bagi yg pernah menyaksikan match Arsenal via televisi, posisi North Bank (baik saat masih di Highbury maupun di Emirates) berada di sisi kiri layar. Persis seperti Stretford End di Old Trafford.


The North Bank of Emirates

  Bagian lirik terakhir: "No said Matt you Cockney twat!". Cockney adalah sebutan untuk masyarakat asli London. Utamanya merujuk kepada masyarakat kelas pekerja di wilayah East End. Serupa Mancunian di Manchester, Scousers di Merseyside, Geordies di Tyneside, dll. However, Bertie Mee was born in Nottingham.


 Cockney's slang.


Kostum khas Cockney dengan motif yg unik


  Jadi kesimpulannya, chant "Stretford Enders" adalah ejekan United fans kepada fans Arsenal & Bertie Mee yg sangat membanggakan riuhnya crowd di North Bank. Padahal, North Bank tidak pernah seriuh Stretford End. Dalam chant ini digambarkan Matt Busby berkata "aku tidak pernah mendengar suara para Cockney sialan itu. Yg kudengar hanya suara Stretford Enders!"



Reva Prasetya
tinggal di Bogor





About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

© 2013 BOGOR REDS. WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9