Kamis, 14 November 2013

Cedera Carrick dan Dampak Besar yang Ditimbulkan

Posted at 05.19 - by bogorreds 0

 


  Pekan ini, Manchester United mengumumkan jika Michael Carrick absen selama 4-6 minggu karena cedera Achilles. Carrick dipastikan absen dalam sisa match United di November dan kemungkinan juga saat Boxing Day. Sebuah kehilangan besar mengingat United baru saja kembali ke jalur perburuan titel liga pasca kemenangan penting 1-0 atas Arsenal pekan lalu (10/11).


 Beberapa pertandingan yg akan dilewati Carrick akibat cedera


  Seberapa parah cederanya sampai harus absen begitu lama? Apa itu cedera Achilles sehingga begitu mematikan? Kita intermezzo sedikit.

  Tendon Achilles adalah salah satu otot yg terletak di tulang kaki. Persisnya berada diantara telapak dan mata kaki. Cedera Achilles lazim diderita para atlet yg banyak melakukan pergerakan bertumpu pada telapak kaki. Cedera yg dialami biasanya berupa sobek pada otot akibat melakukan gerakan yg ekstrem. Lama pemulihan cedera paling singkat adalah 1 bulan, namun dalam beberapa kasus butuh 4-6 bulan untuk pulih.


Inilah letak tendon Achilles

  Mungkin bagi orang awam, termasuk saya, nama 'Achilles' sepertinya tidak asing. Beberapa mungkin langsung teringat film Troy. Atau bahkan salah satu sponsor United asal Indonesia.

  Memang ada kaitannya. Pemberian nama 'tendon Achilles' berdasar kepada salah satu ksatria dalam kisah mitologi Yunani: Achilles. Dia digambarkan sebagai pahlawan yg tidak pernah kalah dalam peperangan. Achilles ini untouchable dan tidak bisa mati. Sampai pada suatu saat di Perang Trojan, ada anak panah yg menembus kakinya. Saat itu juga Achillles tewas.

  Oleh karena itu dalam bahasa Inggris muncul idiom "Achilles heels" yg berarti titik terlemah dalam tubuh seseorang, termasuk untuk para atlet. Butuh waktu lama untuk penyembuhan ketika cedera menyerang tendon Achilles ini.


 
Patung Achilles Heels di Yunani 

  Lalu seberapa besar dampak kehilangan Carrick selama kurang lebih 7 pertandingan? Jelas sangat besar. Dalam beberapa tahun terakhir, Carrick tercatat sebagai pemain paling konsisten di klub. Terlebih jika berbicara soal passing & visi permainan. Musim 2012/13, Carrick tercatat memiliki minutes play dan akurasi passing tertinggi diantara pemain lain di klub.

  Sampai pekan ke-11 Premier League musim ini, Carrick juga masih memertahankan catatan tersebut. Tertinggi diantara midfielders United lainnya.


Statistik Carrick musim 2012/13


 
General Statistics Carrick sampai pekan ke-11 Premier League


 Distribution Statistics Carrick sampai pekan ke-11 Premier League.

  Berdasarkan tabel statistik tersebut, sudah sangat jelas United akan mengalami masalah besar dalam distribusi bola selama Carrick absen. Lalu siapa yg pantas menggantikan?

  Sampai saat ini yg memainkan peran serupa Carrick adalah Tom Cleverley. Tapi bagaimana dengan Phil Jones? Mari kita bahas.

  Kita mulai dari Tom Cleverley. Penampilan terbaiknya sejauh ini (sampai pekan ke-11 Premier League) adalah saat melawan Chelsea pada 26 Agustus lalu. Dari 37 passing yg dilakukan Clevz, 36 diantaranya sukses. United mendominasi pertandingan kala itu dengan komando Clevz-Carrick dari lini tengah. Sejauh ini Clevz yg masih menjadi lapis kedua baru memainkan 8 pertandingan liga bersama United. Dua diantaranya sebagai pemain pengganti.


Pass Stats Cleverley v Chelsea

  Bagaimana dengan Phil Jones? Karakternya lebih ke fighting-midfielder, menjadi orang pertama yg menahan serangan lawan dan merebut bola. Terbukti saat United away ke Craven Cottage 2 November lalu. Pergerakan Jones sangat berhasil menutup ruang gerak midfielder Fulham. 3 dari 5 tackles yg dilakukannya sukses. Sejauh ini Jones menjadi yg terbaik ke-3 di tim dalam hal tackles.


Phil Jones tackles v Fulham


Phil Jones action heat map v Fulham. Dominan.


Statistik tackle, fouls, dan duel Carrick musim ini. Masih menjadi yg terbaik di tim

   So, duet Clevz-Jones adalah yg paling ideal menggantikan Carrick meski beberapa hari lalu Jones sekali lagi menyatakan tidak nyaman bermain sebagai midfielder. Karakter keduanya sejauh ini bisa menutup lubang yg ditinggalkan selama Carrick absen. Dengan usia Carrick yg sudah 32 tahun, Moyes sepertinya harus sudah mulai membiasakan diri menyerahkan komando engine room kepada Cleverley dan membiarkan Jones kembali ke posisi aslinya sebagai centre-half.



Michael Carrick: Pass, Defense, Skill



Graphic by Squawka.


About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

© 2013 BOGOR REDS. WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9