Selasa, 19 Agustus 2014

Berkenalan Dengan Marcos Rojo

Posted at 16.49 - by bogorreds 1




   Setelah spekulasi yang makin santer terdengar sejak tiga hari terakhir, Manchester United akhirnya resmi mendatangkan Marcos Rojo dari Sporting Lisbon (Portugal). Namun, United juga harus kehilangan Nani selama satu musim karena dipinjam oleh mantan klubnya tersebut.

   Lahir di La Plata, Argentina, pada 20 Maret 1990, Rojo memulai karier sepakbolanya sejak usia 10 tahun bersama klub lokal, Estudiantes de La Plata. Pada tahun 2008, dia dipromosikan ke tim senior dan bermain bersama ex-United, Juan Veron. Mencatat 53 penampilan dan 4 gol, Rojo memutuskan hengkang ke Spartak Moskow (Rusia) pada 2011.

 
Rojo (kedua dari kanan) bersama Juan Veron merayakan gol-nya ke gawang Boca Junior

   Meski menandatangani kontrak selama 5 tahun dengan Spartak, Rojo hanya sanggup bertahan satu musim di negeri komunis tersebut. Dia memutuskan pindah ke Sporting Lisbon pada Juli 2012 dan menandatangani kontrak selama 4 tahun.

   Perjalanan Rojo bisa dibilang tidak mudah. Dia tumbuh dalam kultur sepakbola Argentina yang keras dan jauh berbeda dengan gaya Eropa. Maka tidak heran jika dia tidak betah di Spartak dan baru menemukan kembali "iramanya" saat berseragam Sporting. Selama 2 tahun terakhir dia menjelma menjadi bek yang tangguh dan disegani lawan.

 
Rojo saat membela Spartak ketika menghadapi Ajax di Europa League

   Rojo memiliki tackling keras, pintar membaca arah pergerakan lawan, dan sangat agresif. Maka tak heran, dengan karakter seperti itu, dia sering ditempatkan sebagai bek tengah. Meskipun, dalam beberapa kesempatan, dia lebih nyaman saat diposisikan sebagai bek kiri. Musim 2013/14, Rojo menjelma menjadi pemimpin di garis pertahanan Sporting. Memotong alur bola secara cepat adalah keahliannya.

 
Rojo is A Red! Sporting v Alvalade, Maret 2013

   Pilihan yang tepat bagi Rojo untuk berlabuh di Manchester United. Berbekal kekuatan fisik yang mumpuni, maka Premier League menjadi arena yang tepat untuknya. "Saya selalu menyukai sepakbola Inggris. Saya yakin akan dengan cepat beradaptasi dengan gaya permainan disana," ujar Rojo kemarin kepada salah satu stasiun radio di Argentina.

   Dua aset terpenting Rojo adalah kecepatan dan kekuatannya. Ditunjang tinggi 187 cm, dia sangat baik dalam duel udara. Sepakan kaki kirinya menjadi ancaman nyata bagi lawan apabila membiarkannya terlalu bebas bergerak. Rojo sering tiba-tiba melakukan crossing dan bahkan tendangan keras langsung ke arah gawang. Catatan Opta mengatakan, selama Piala Dunia 2014, Rojo melakukan 29 kali open play crosses. Hanya Angel Di Maria yang bisa melakukannya lebih banyak (32).

   Rojo punya masalah serius dengan kedisplinan. Selama dua musim di Sporting, dia telah mengantungi 27 kartu kuning dan 5 kartu merah. Dia kadang juga sering out of position saat diposisikan sebagai bek tengah. Louis van Gaal harus bisa mengantisipasi ini.

   Dengan seluruh kemampuannya itu, tidak diragukan lagi bahwa Marcos Rojo adalah aset berharga bagi United. Pertanyaannya, apakah dia akan sukses di Old Trafford? Dengan sistem tiga bek yang diterapkan van Gaal, pertahanan United kerap bermasalah saat harus dituntut cepat untuk menutup serangan balik lawan. Bermain dengan formasi 3-5-2, mengharuskan ketiga bek memiliki energi dan daya tahan yang kuat. Itu belum terlihat selama pra-musim sampai di pertandingan "sesungguhnya" ketika menghadapi Swansea pekan lalu. Terlalu banyak lubang di garis pertahanan United menjadi salah satu penyebab manajer sekaliber van Gaal bisa dipermalukan manajer debutan Premier League.

   Marcos Rojo harus bisa cepat menyesuaikan diri dengan sistem permainan van Gaal serta iklim sepakbola Inggris. Dia pernah melakukan itu dengan baik bersama Argentina di Piala Dunia 2014 lalu meski awalnya sempat diragukan.
 

   "Rojo telah membuat rakyat Argentina terpikat. Dia menyerang dan bertahan dengan sama baiknya. Kepercayaan yang diberikan  Sabella tidak disia-siakan Rojo. Menurut saya dia adalah bek kiri terbaik diantara semifinalis Piala Dunia 2014," ujar Diego Simeone

   Sekadar catatan, Rojo adalah satu-satunya pemain Argentina yang masuk ke daftar Castrol Index Top 11. Mengalahkan pemain terbaik Piala Dunia 2014 yang gelarnya diragukan semua pihak itu.

   Marcos Rojo kini menjadi pemain keempat United asal Argentina. Sebelumnya ada Veron, Heinze, dan Tevez. Dua nama terakhir, pada akhirnya, tidak memiliki kesan bagus di mata United fans.

   Selamat datang dan selamat mewujudkan mimpi di Old Trafford, Marcos....


About the Author

Write admin description here..

1 komentar:


  1. * KUNJUNGI SITUS KAMI DI *

    WWW.ID303.INFO


    MENANG BERAPAPUN, PASTI KAMI BAYAR !!! *


    * Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop :

    - WA : 08125522303
    - BBM : CSID303



    Jadwal Sabung Ayam S128


    Agen Sbobet Resmi


    www.id303.vip/s128

    BalasHapus

© 2013 BOGOR REDS. WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9